5 Tips Sukses Menjadi Youtuber Pemula

tips-jadi-youtuber-pemula-sukses-740x414-compressed

Banyak orang meraih kesuksesan berkat YouTube, baik berupa ketenaran maupun pendapatan yang melimpah. Sebut saja, Raditya Dika dan Jess No Limit. Dua orang ini seolah paham betul cara menjadi YouTuber dengan jutaan subscriber.

Apa ya rahasianya? Adakah cara menjadi YouTuber sukses?

Tak perlu khawatir, di artikel ini, kami akan mengulas secara lengkap cara menjadi YouTuber untuk pemula. Bahkan, kami juga akan menyingkap trik yang telah digunakan para YouTuber sukses favorit Anda.

Cara Menjadi YouTuber Sukses untuk Pemula
Berikut adalah cara menjadi YouTuber sukses untuk pemula:

  1. Tentukan Jenis Sukses yang Ingin Diraih
  2. Pasang Goal yang Terukur
  3. Pilih Niche Sesuai Minat dan Kemampuan
  4. Tentukan Tipe Konten
  5. Temukan Ciri Khas Anda
  6. Rancang Konten yang Menarik
  7. Siapkan Peralatan Yang Diperlukan
  8. Fokus Saat Pembuatan Video
  9. Bangun Channel YouTube Anda
  10. Bangun Engagement dengan Audiens
  11. Promosikan Video Melalui Media Sosial
  12. Perkuat dengan Upaya SEO
  13. Lakukan Analisis


Nah, mari simak penjelasan lebih lengkap untuk tiap langkah di atas.

  1. Tentukan Jenis Sukses yang Ingin Anda Raih

Langkah pertama cara menjadi YouTuber adalah menentukan jenis sukses yang ingin Anda raih. Hal ini penting karena akan membuat Anda fokus dengan apa yang ingin dicapai. Dengan begitu, hal-hal yang mengganggu prioritas langkah Anda bisa diabaikan.

Ada tiga jenis kesuksesan sebagai YouTuber, yaitu:

  1. Jumlah subscriber. Anda memiliki banyak orang yang menjadi subscriber karena konten menarik yang dimiliki.
  2. Engagement. Channel YouTube Anda selalu mendapatkan like, comment dan share dalam jumlah banyak.
  3. Monetisasi. Anda berhasil mendapatkan uang dari YouTube berkat kualitas dan keunikan konten Anda.

Bisa saja Anda hanya fokus pada salah satu tujuan di atas. Namun, Anda bisa juga lho memilih ketiganya sesuai prioritas dan perkembangan channel Anda.

2. Pasang Target Yang Terukur

Setelah memiliki tujuan, jangan lupa tentukan goal yang terukur. Kenapa hal ini penting?

Alasan utamanya, memastikan tingkat kesuksesan dapat diukur. Oleh karena itu, Anda harus memasang target supaya keinginan Anda tercapai dengan tepat waktu.

Baca Juga :  Cara Mengembalikan Data HP Android yang Terhapus

Katakanlah, tujuan Anda mendapatkan banyak subscriber. Tentukanlah targetnya: berapa banyak orang, dan dalam waktu berapa lama? Contoh, 1000 orang dalam 6 bulan.

Jika target belum tercapai, Anda bisa mengukur apakah upaya Anda belum berhasil atau target Anda terlalu tinggi. Setelah itu, baru tentukan strategi lanjutan. Misalnya, mengadakan giveaway, berkolaborasi dengan YouTuber lain untuk mencapai target tersebut.

Dengan memiliki target, Anda jadi lebih disiplin dan lebih mudah dalam menyusun rencana ke depan. Bagaimana cara mengecek pencapaian target Anda? Tenang, penjelasannya akan kami bahas pada bagian Analisis dalam artikel ini.

3. Pilih Niche yang Sesuai Minat dan Kemampuan

Cara menjadi YouTuber sukses berikutnya yaitu memilih niche yang sesuai minat dan kemampuan. Niche adalah topik khusus sesuai dengan target viewer Anda. Contohnya, music, gaming, dan beberapa niche lain.

Memilih niche akan membantu Anda produktif. Sebab, Anda akan menikmati pekerjaan tersebut sehingga bisa terus menghasilkan konten kreatif. Apa sebaiknya niche yang Anda pilih?

Sebagai referensi, berikut kami berikan beberapa contoh niche YouTube yang bisa kalian jadikan bahan pertimbangan.

  • Kuliner. Membahas topik seputar makanan. Konten bisa berupa review, cara memasak, dan lainnya. Contohnya, channel Ria SW.
cara menjadi youtuber 1-compressed
  • Fashion. Membahas gaya busana dan kecantikan. Konten bisa berupa tutorial, review produk, dan banyak lagi. Misalnya, channel Wellisna Merduani.
cara menjadi youtuber-compressed
  • Lifestyle. Mengulas tentang gaya hidup, seperti cara menabung, tips menata rumah, dan lain-lain. Contohnya, Maurilla Sophianti Imron.
cara menjadi youtuber 2-compressed
  • Travelling. Biasanya berisi dokumentasi perjalanan dan ulasan suatu tempat. Selain itu juga bisa berupa rekomendasi tempat yang menarik. Travel YouTuber Indonesia misalnya Wira Nurmansyah.
cara menjadi youtuber 3-compressed
  • Animal. Membahas pengetahuan tentang satwa, dokumentasi penyelamatan hewan, dan lain-lain. Contohnya, Panji Petualang.
cara menjadi youtube 5
  • Technology. Mengulas tren teknologi, review device, dan topik seputar IT lainnya. YouTuber yang bergerak di bidang ini misalnya GadgetIn.
cara menjadi youtuber 4
  • Gaming. Umumnya berisikan record live streaming bermain game. Contohnya, Jess No Limit.
cara menjadi youtuber 5

Music. Biasanya, konten berisi cover lagu, music video, dan lain-lain. Hanin Dhiya adalah salah satu contoh YouTuber di niche ini.
Cara Menjadi YouTuber Music

Baca Juga :  Cara Aktifkan Smart Sidebar di Smartphone OPPO Terbaru

4. Tentukan Tipe Konten

Setelah memilih niche, akan lebih mudah bagi Anda menentukan tipe konten. Apa saja tipe konten yang bisa Anda buat.

  1. Educate. Viewer mendapatkan suatu pengetahuan yang bisa meningkatkan kesadaran dan pemahaman mereka akan sesuatu.
  2. Entertain. Viewer terhibur dengan konten yang Anda buat. Biasanya, konten dengan jenis ini adalah yang paling banyak di-share sehingga cocok untuk meningkatkan engagement.
  3. Envince. Viewer menjadi terdorong untuk melakukan sesuatu. Entah itu pembelian, berlangganan, dan banyak lagi.

Sebaiknya Anda tetap fokus pada satu tipe konten. Selain mudah dalam mengembangkan channel, juga membantu membentuk niche yang kuat. Hal ini penting sebab akan membuat audiens melihat Anda sebagai spesialis atas niche tersebut

Contohnya, saat orang-orang ingin mengetahui review gadget keluaran terbaru, channel YouTube GadgetIn mungkin yang pertama mereka cari. Sebab, reputasi GadgetIn dalam melakukan review produk sudah diakui.

  1. Temukan Ciri Khas Anda

Saat Anda memutuskan menjadi YouTuber, itu artinya Anda harus siap untuk bersaing dengan 31 juta akun YouTube lainnya. Tanpa memiliki ciri khas yang kuat, sulit untuk dikenal dan menjadi channel YouTuber yang besar.

Artinya menentukan niche dan tipe konten spesifik saja belum cukup. Menemukan ciri khas Anda adalah langkah wajib dalam cara menjadi YouTuber. Ciri khas bisa berupa setting ruangan, atribut yang Anda pakai, gaya bahasa, dan lainnya. Lalu, bagaimana cara menjadi YouTuber sukses dengan ciri khas kuat? Berikut tipsnya.

Jadilah diri sendiri
Setiap orang memiliki karakter berbeda. Maka, jadilah diri Anda sendiri. Baik dari cara berkomunikasi, bertindak maupun berinteraksi dengan orang lain.

Contohnya Deddy Corbuzier. YouTuber ini memang memiliki karakter yang kuat. Cara bicara yang blak-blakan dan didukung kemampuan berargumen yang baik membuat konten-nya Me Against The World cukup fenomenal.

Dengan menjadi diri sendiri dan menunjukkan karakter yang kuat, Deddy mampu mengulas masalah kontroversial dengan sangat baik.

Baca Juga :  Cara Mudah Setting Android TV / Smart TV (Lengkap)

Jangan ragu gunakan logat
Logat berbicara masing-masing daerah berbeda. Bukan sebagai penghalang, logat justru mampu membentuk ciri khas yang kuat

Menjadi YouTuber Unik
Contohnya, YouTuber bernama Bayu Skak yang kini sudah memiliki 2,9 juta follower. Channel YouTubenya memiliki banyak konten menarik, mulai daily life hingga interview. Namun, daya tarik utama sebenarnya adalah cara penyampaiannya dengan logat Jawa yang khas.

Ciptakan tagline yang menarik
Tagline adalah kalimat singkat yang menjadi ciri khas seseorang. Pasti, Anda sudah tak asing dengan kata ‘Ashiaap’ yang sering dilontarkan Atta Halilintar. Dengan memiliki tagline, akan lebih mudah bagi orang mengingat Anda.

Cara Menjadi YouTuber yang Cepat Dikenal
Tagline memang sebuah upaya membangun personal branding. Tujuannya, menjadikan Anda cepat dikenal, serta membangun konsistensi dan kredibilitas.

Personal style
Personal style merupakan pemilihan fashion yang Anda gunakan saat membawakan konten. Ini penting, sebab personal style akan bisa menjadi ciri khas Anda

Anda bisa belajar dari YouTuber Alif Rizky. Membangun channel musik yang mengcover lagu lokal, kurang pas jika tanpa mengenakan baju adat Jawa. Itulah yang dilakukan Alif sebagai ciri khasnya. Artinya, ciri khas Anda harus sesuai dengan channel ingin Anda kembangkan

Gunakan setting yang tepat
Setting tempat pengambilan video bisa menjadi ciri khas Anda. Sebab, pengaturan lighting hingga properti masih bisa dikembangkan dengan kreatif. Dan tentunya sesuai dengan niche yang Anda pilih.

Anda bisa menengok YouTuber Ewing HD yang menggunakan ruangan bernuansa suram untuk memperkuat konten horornya.

Buat konten yang unik
Salah satu kunci cara menjadi YouTuber sukses adalah membuat konten yang unik. Salah satu tipsnya, temukan keahlian Anda yang tidak dimiliki orang lain.

Contohnya seperti YouTuber Louis Rossmann yang mereparasi Macbook secara live. Selain bisa mengedukasi audiens, Louis Rossmann juga berhasil membuat konten yang unik dan jarang dibuat oleh YouTuber lainnya.

MasHilmi.com – Kumpulan Tips, Trik & Tutorial Seputar Teknologi. Jangan Lupa Subscribe Newsletter agar mendapatkan update artikel terbaru.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!