Tips dan Cara Menghemat Energi Listrik di Rumah!

cara mengehamat listrik di rumah-compressed

Jika kalian merasa kegiatan kalian sehari-hari dan dirumah menggunakan energi yang boros? Dan kalian ingin mengubah kebiasaan untuk menghemat energi di rumah? Jangan khawatir, kami akan memberikan tips cara menghemat energi di rumah!

Dalam fisika, energi adalah properti fisika dari suatu objek, dapat berpindah melalui interaksi fundamental, yang dapat diubah bentuknya namun tak dapat diciptakan maupun dimusnahkan. Secara pemahaman awamnya bahwa energi merupakan suatu bahan bakar atau penggerak dari suatu objek yang dapat habis dan terisi kembali.

Nah kita setiap hari tidak terlepas dari penggunaan energi, seperti lampu yang terus menyala, ponsel serta laptop yang kita gunakan, air yang terus disedot dengan mesin air, TV yang kita tonton, dan lainnya itu semua ada karena adanya listrik yang menjadi energi.

Seperti yang kita ketahui, bahwa saat ini kita sebagai manusia cenderung bersikap konsumtif serta konsumerisme, dalam artian segala sesuatu hal yang sebetulnya tidak perlu-perlu amat untuk kita, kita merasa harus memiliki dan meenggunakannya, pun dalam skala besar

Tentunya hal ini sangat berdampak buruk bagi kita, maupun bagi sekitar terutama alam.

Tanpa kebanyakan orang sadari, sikap konsumerisme dan konsumtif tita terhadap penggunaan energi dapat merugikan kita. Seperti tagihan listrik yang semakin mahal, barang-barang serta perangkat yang menumpuk dirumah, lingkungan yang rusak akibat banyaknya sampah elektronik yang mencemari dan sebagainya.

Cara Menghemat Energi di Rumah!

Tips dan Cara Menghemat Energi Listrik di Rumah

Berikut tips untuk menghemat energi di rumah yang kalian bisa terapkan, antara lain :

Menggunakan Air Seukupnya

Hal ini dapat sangat menghemat energi. Seperti yang kita tahu, bahwa air yang kita gunakan di rumah, di suplai menggunakan mesin air. Dan mesin air tersebut memakan watt yang besar, sehingga jika digunakan terus menerus, tagihan akan makin membengkak. Selain itu, stok air bersih juga memiliki batas, jadi sebisa mungkin kalian harus mengiritnya agar jika suatu saat terjadi musim panas, kalian tetap bisa menggunakan air bersih.

Baca Juga :  Cara Agar Stik PS 4 Bisa Digunakan di PS 5

Matikan Lampu saat dirasa cahaya matahari sudah cukup menerangi rumah

Nah pada pagi dan sinag hari, biasanya cahaya matahari aan cukup menerangi rumah melalui jendela dan vetilasi. Tentunya ini sebuah anugrah yang diberikan secara gratis oleh alam. Jika diasa rumah sudah cukup terang, nampaknya lampu tidak perlu dinyalakan bukan? Kecuali jika cuaca sedang mendung dan gelap.

Membuka jendela dan ventilasi

Tips ini masih memiliki korelasi langsung dengan tips sebelumnya. Nah sebisa mungkin kalianmembuka jendela serta ventilasi. Selain untuk masuknya cahaya, ini berguna juga untuk kesehatan, sebab akan terjadi sirkulasi udara. Jadi kalianmendapat udara baik dan tidak terjebak di udara yang kotor.

Mencabut peralatan yang di colok stop kontak jika ingin berpergian

Ini mungkin hal sepele namun cukup berdampak bagi tagihan listrik rumah kita. Nah bagi kalian yang ingin berpergian apalagi dalam waktu lama, sebisa mungkin harus mencabut perangkat atau peralatan ya. Selain untuk meghindari penggunaan energy listrik yang sia-sia, hal ini juga dapat  menjadi pencegahan terhadap kasus kebakaran akibat terjadinya korsleting listrik.

Menghindari men-charging HP atau Laptop semalaman

HP atau Laptop yang di charge semalaman sangat tidak direkomendasikan lho! Walau charger sudah ada fitur meng-cut arus listrik jika HP sudah terisi penuh, tetap saja suplai listrik tetap jalan walaupun kecil. Hal ini juga dapat membuat megurangi masa umur charger maupun baterai HP atau lapto itu sendiri.

Jangan terlalu sering menggunakan AC serta Kipas

Hal ini selain membuat tagihan listrik makin mahal, juga berpengaruh terhadap kesehatan lho. Lebih baik kalian tidak menggunakannya jika cuaca sedang bersahabat dan tidak panas-panas amat.

Baca Juga :  Rekomendasi Aplikasi Al-Quran Terbaik 2021 dengan Fitur Terlengkap

Mengoleksi tanaman dengan jumlah cukup di rumah agar sejuk

Tentu saja hal ini masih berkaitan dengan tips sebelumnya, nah cukupnya tanaman di rumah dapat membuat sejuk rumah lho. Karena tumbuhan sendiri menyerap karbondioksida dan menyemburkan oksigen yang baik bagi kesehatan kita.

Jangan menghidupkan televisi tanpa henti

Nah televisi juga cukup mepunya watt yang besar, hal ini dapat mempengaruh tagihan listrik nantinya. Selain itu juga ini dapat memperpanjang umur dari TV itu sendiri.

Mencabut dispenser, jika jarang menggunakan air panas

Hal sepele lainnya yang tidak kalah berpengaruh yaitu masalah dispenser yang tidak dimatikan. Padahal penghuni rumah jarang sekali minum air panas atau hangat. Mulai sekarang, jika dirasa tidak perlu, kalian bisa mencabutnya. Dan jika ingin memanaskan air, bisa di kompor saja (Lebih cepat panas juga).

Mencabut Penanak nasi jika nasi sudah matang

Tips dan Cara Menghemat Energi Listrik di Rumah

Nah penanak nasi terlebih yang keluaran lama menggunakan suplai listrik yang besar. Rata-rata orang jarang mencabut nasi karena alasan nasi tetap hangat. Memangnya kalian memakan nasi setiap menit? Kan tidak. Mulai saat ini sobt bisa mencabut nasi jika sudah matang. Nasi tidak akan basi kok, selagi kalian menjaga kebersihan peanak nasi tersebut, dan selalu menutupnya.

Mengatur Suhu Kulkas

Tips dan Cara Menghemat Energi Listrik di Rumah

Terkadang kita lupa untuk mengatur suhu kulkas, padahal hal ini sangat berpengaruh. Nah semakin rendah suhu, maka kulkas akan mengambil suplai listrik yang besar. Nah jika dirasa kalian menggunakan kulkas hanya sebatas untuk menyejukkan makanan, bukan membuat es batu, kalian bisa megatur suhunya di kisaran tengah-tengah saja.

Memanajemen kapan harus mencuci baju di mesin cuci

Tips dan Cara Menghemat Energi Listrik di Rumah

Nah bagi kalian yang memiliki mesin cuci, jangan terlalu sering meggunakannya. Karena watt mesin cuci juga cukup besar. Jika sekiranya baju kalian sedikit dan bisa dicuci dengan tangan sendiri, cuci saja. Daripada hanya mencuci beberapa baju, itu bisa boros air juga energi listrik. Atau juga kalian bisa memilih opsi dengan mengumpulkan baju kotor sebanyak yang bisa ditampung mesin cuci, dan baru mencucinya di mesin cuci. Ini selain menghemat energi, juga kalian tidak perlu kerja lebih.

Baca Juga :  Cara Membuat Paspor Online Panduan Lengkap Terbaru

Menggunakan Solar Panel (panel surya) jika mampu

Tips dan Cara Menghemat Energi Listrik di Rumah

Nyatanya panel surya dapat menjadi investasi yang besar lho! Memang panel surya sendiri tidak murah untuk memasangnya. Namun dengan panel surya, kalian bisa sangat kecil membayar tagihan listrik malah sama sekali bisa tidak bayar. Selain itu, kalian juga turut andil dalam menjaga lingkungan

Begitulah tips dari kami untuk mengemat energi di rumah yang bisa kalian coba untuk menyelatkan tagihan listrik kalian agar tidak mahal. Juga kalian turut menjaga alam dan lingkungan dari kerusakan akibat sikap berlebihan kita.

Akhir Kata

Bagaimana? Cara menghemat energi di atas sangat mudah diimplementasikan bukan dalam keseharian? Silahkan kalian coba ya!

Semoga bermanfaat

MasHilmi.com – Kumpulan Tips, Trik & Tutorial Seputar Teknologi. Jangan Lupa Subscribe Newsletter agar mendapatkan update artikel terbaru.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!