Seperti inilah Perubahan Tampilan Microsoft Windows Selama 35 Tahun

tampilan windows 35 tahun-compressed

Windows merupakan sistem opersi buatan Microsoft untuk PC yang paling banyak digunakan sampai saat ini. Tentu saja butuh perjalanan panjang untuk menjadi OS PC terpopuler dari yang awalnya minim fitur sampai menjadi OS yang kaya akan fitur seperti Windows 10 saat ini.    Tepat pada 20 November 2020 Microsoft Windows genap berumur 35 tahun. Selama itu Microsoft Windows terus berubah tampilan untuk menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Jika kamu penasaran kamu bisa menyimak seluruh evolusi tampilan Microsoft Windows selama 35 tahun mulai dari Windows 1.0 sampai Windows 10 dibawah ini.  

Tampilan Windows 1.0

Tampilan Windows 1.0 | Gaptogeek
Tampilan Windows 1.0 | Gaptogeek

  Windows 1.0 merupakan OS Windows yang dirilis pertama kali menggunakan GUI (Graphic User Interface) dan pengembangannya dipimpin langsung oleh Bill Gates selaku pendiri Microsoft. OS ini dirilis pada tahun 1985 dengan komputasi 16 bit. Selain itu Windows 1.0 sudah mendukung inpt menggunakan mouse.  

Tampilan Windows 2.0

Tampilan Windows 2.0 | Gaptogeek

  Windows 2.0 dirilis dua tahun setelah generasi sebelumnya yaitu pada tahun 1987. Pada versi ini sudah mendukung multitasking atau membuka aplikasi lebih dari satu secara bersamaan dengan jendela yang bisa ditumpuk. Pada versi ini juga Microsoft mulai meperkenalkan Microsoft Word dan Excel. Windows 2.0 masih menggunakan komputasi 16 bit dengan grafis VGA.  

Tampilan Windows 3.0

Tampilan Windows 3.0 | Gaptogeek

  Windows 3.0 dirilis pada tahun 1990 dengan antar muka yang lebih baik  serta memiliki aplikasi Program Manager dan File Manager baru. Namun versi ini masih tetap menjadi bagian MS-DOS. Pada update Windows 3.1 Microsoft menambahkan game Minesweeper yang masih terkenal sampai sekarang.  

Tampilan Windows NT

Tampilan Windows NT 3.5 | Gaptogeek

Pada 27 Juli 1993 Microsoft merilis Windows NT 3.1 dengan komputasi 32 bit. Kemudian versi ini secara berkala medapatkan update yaiut Windows NT 3.5 pada 21 September 1994, Windows NT 3.51 pada 30 Mei 1995, dan Windows NT 4.0 pada 29 Juli 1996. Windows NT merupakan leluhur dari Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, dan Windows Vista.   Sistem Operasi berbasis Windows NT hanya mendukung platform Intel 80×86, Intel IA64 dan AMD64 (x64). Sementara platform lainnya sudah tidak didukung lagi karena kurangnya dukungan dari pihak ketiga. Selain itu Windows NT juga medukung TCP/IP, protokol jaringan yang kita gunakan untuk mengakses internet saat ini.  

Baca Juga :  Cara Install dan Menjalankan Windows 10X di PC/Laptop Lawas

Tampilan Windows 95

Tampilan Windows 95 | Gaptogeek

  Windows 95 merupakan versi Windows yang pertama kali memperkenalkan tombol START yang tetap dipertahankan oleh Microsof sampai saat ini. OS ini sudah menggunakan arsitektr 32bit. Intere Explorer yang ikonik juga muncul pertama kali di Windows 95. Sesuai namanya Windows 95 dirilis pada tahun 1995.  

Tampilan Windows 98

Tampilan Windows 98 | Gaptogeek

  Windows 98 dirilis tiga tahun setelahnya dngan membawa penignkatan unuk dukungan Hardware dan juga perfoma. Selain itu Microsoft menambahkan cukup banyak aplikasi pada versi ini mulai dari Active Desktop, Outook Express, Frontpage Express, Microsoft Chat, dan Net Meeting. Plot twist: tidak ada satupun dari aplikasi tersebut yang admin kenal, kecuali Oulook tapi tidak pakai express 😅.   Seri Windows 9x juga memiliki Windows ME yang ditargetkan untuk pengguna rumahan dan multimedia. Windows Movie Maker juga pertama kali diperkenalkan pada Windows ME bersama dengan Windows Media Player dan Internet Explorer versi baru.  

Tampilan Windows 2000

Tampilan Windows 2000 | Gaptogeek

  Windows 2000 dirilis pada 17 Februari Tahun 2000 dan dirancang untuk digunakan oleh korprat. Sesuai tujuannya fitur OS ini juga mencakup Professional, Server, Advanced Server, dan Data Center Server. Pada versi inilah fitu Plug & Play pertama kali diperkenalkan. Buat yang belum tahu Plug & Play merupakan fitur yangmemungkinkan kamu menggunakan hardware tambahan hanya dengan manancapkan ke port USB dan langsung bisa digunakan. Contoh yang paling mudah adalah saat kamu menggunakan Flashdisk. Windows 2000 mengedepankan keamanan dengan menambahkan proteksi Fle baru dan Cache DLL.  

Tampilan Windows XP

Tampilan Windows XP | Gaptogeek

  Selanjutnya kita sampai di Windows XP yang pernah menjadi rajanya sistem operasi komputer. Windows XP dirilis pada 25 Oktober 2001 yang dirancang agar bisa digunakan oleh pengguna rumahan dan bisnis.OS ini dimatikan pada tahun 2014 karena sudah usang, namun banyak penggunanya yang masih setia walaupun sudah tidak mendapatkan dukungan update dari Microsoft selaku pembuatnya.  

Baca Juga :  Cara Downgrade Windows 10 ke Windows 7

Tampilan Windows Vista

Tampilan Windows Vista | Gaptogeek

  Windows Vista merupakan versi Windows yang pertama kali menggunakan antar muka transparan atau yang dikenal dengan nama Aero UI. Aero UI membuat OS ini terlihat cantik dan modern. Namun Windows Vista yang drilis pada 30 Januari 2007 ini disambut dengan komentar negatif karena banyaknya Bug. Sehingga Windows Vista manjadi salah satu versi Windows yang bisa dibilang gagal.  

Tampilan Windows 7

Tampilan Windows 7 | Gaptogeek

  Windows 7 merupakan penyempurnaan dari Windows Vista dengan perbaikan dan penambahan fitur yang signifikan. Sejumlah peningkatan mulai dari antar muka baru dan peningkatan perfirma diberikan pada versi ini. Tampilan Ui yang menggunakn Aero Glass juga banyak disukani oleh penggunanya. Bahkan banyak pengguna Windows 10 yang menginginkan Aero Glass dihadirkan kembali pada Windows 10 saat ini. Dengan berbagai kelebihannya tersebut tidak heran Windows 7 menjadi salah satu Windows terpopuler sampai dukungan updatenya di akhiri oleh Microsoft. Windows 7 dirilis pada 22 Oktober 2009.  

Tampilan Windows 8, 8.1

Tampilan Windows 8 | Gaptogeek

  Windows 8 dirilis pada 26 Oktober 2012 dengan membawa perubahan yang sangat drastis. Microsoft menghilangkan Start Menu yang disukai pengguna dan digantikan Start Screen yang tidak disukai banyak sekali penggunanya. Alasan Microsoft menggunakan Start Screen yang memenuhi layaradalah untuk menyesuaikan dengan perangkat layar sentuh seperti tablet dan perangkat layar sentuh lainnya.    Meski sulit untuk menyesuaikan dengan tampilan baru Windows 8 tapi bagi saya sendiri Windows 10 merupakan versi Windows yang paling ringan. Selain itu Animasi di Windows 8 merupakan yang terbaik bahkan jika dibandingkan dengan Windows 10 yang tidak konsisten. Ketika mengunakan Windows 8 kamu akan disuguhkan dengan animasi yang fluid, smooth, dan cantik. Tidak kaku seperti Windows sebelumnya dan Windows 10.  

Baca Juga :  Cara Mengetahui PC atau Laptop Kamu Bisa Menjalankan Game Tertentu

Tampilan Windows 10

Tampilan Windows 10 20h2 | Gaptogeek

  Windows 10 dirilis pada 29 Juli 2019 dengan menghadirkan kembali Start Menu karena banyaknya kritikan pada Start Screen Windows 8. OS Windows 10 membawa banyak sekali perubahan dan fitur baru diantaranya Assistant pintar Cortan dan Microsoft Edge sebagai pengganti Internet Explorer.   Dari sisi gaming Microsoft menghadirkan Directx12 yang tidak bisa kamu temukan di versi Windows sebelumnya. Directx12 memberikan peningkatan performa pada kemampuan pengolahan grafis 3D sehingga kamu akan menemukan peningkatan performa game yang signifikan. Namun tentu saja VGA kamu harus sudah support Directx12. Selain itu kamu juga bisa memainkan Game Xbox One melalui Windows 10.   Sebagai tambahan, Microsoft mengubah Windows 10 sebagai sebuah layanan dan bukan lagi sebuah produk. Sehingga Windows 10 akan mendapatkan update yang lebih cepat. Tidak seperti Windows sebelumnya yang harus menunggu beberapa tahun untuk mendapatkan update. Selain itu update Windows 10 bisa kamu dapatkan dengan gratis selamanya.

MasHilmi.com – Kumpulan Tips, Trik & Tutorial Seputar Teknologi. Jangan Lupa Subscribe Newsletter agar mendapatkan update artikel terbaru.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!