Mengenal apa itu ChromeOS beserta kekurangan dan kelebihannya

Mengenal apa itu ChromeOS beserta kekurangan dan kelebihannya-compressed
Mengenal apa itu ChromeOS beserta kekurangan dan kelebihannya

ChromeOS merupakan sistem operasi untuk PC/Laptop seperti Windows dan macOS. OS ini menyasar kalangan tertentu dan memiliki banyak pro dan kontra. Jika kamu berniat membeli salah satu Chrome Book penting untuk mengenal lebih jauh apa itu Chrome OS, bagaimana jika dibandingkan dengan sistem operasi lainnya, dan untuk siapa Chrome OS ditujukan.

Cara Install/Dual Boot Chrome OS dan Windows 10 (Support Play Store)

Apa itu Chrome OS?

Chrome OS di Chrome Book Gaptogeek

Chrome OS adalah sebuah sistem operasi yang dibuat dan dimiliki oleh Google. Ini merupakan OS open source berbasis Linux, yang artinya gratis untuk digunakan.    Kelebihan utama dari Chrome OS ada di antar mukanya yang simple dan mudah digunakan. Meskipun sama-sama system operasi desktop seperti Windows dan Mac, Chrome OS pada dasarnya adalah web browser. Kamu bisa menonton video, membuka youtube, dan mengerjakan office sama seperti OS Windows dan Mac. Bedanya hampir semua kegiatan tersebut kamu lakukan melalui browser (Google Chrome).   Cara lainnya menggunakan Chrome OS adalah dengan menginstall aplikasi Android. Sama seperti perangkat Android, Chrome OS memiliki akses ke Google Play Store. Itu artinya kamu bisa menginstal semua aplikasi Android yang ada di Play Store. Kamu juga bisa side-load  aplikasi atau install apk dari sumber lainnya. Tapi perlu diingat bahwa tidak semua aplikasi android di optimalkan untuk Crome OS sehingga kamu mungkin akan menemukan beberapa aplikasi yang tampilannya buruk atau berantakan.   Selain aplikasi Android, kamu juga bisa menjalankan aplikasi Linux. Fitur ini tidak aktif secara default jadi kamu perlu mengaktifkannya secara manual melalui menu Settings dan membutuhkan internet untuk mengunduh file tambahan yang cukup besar. Sama seperti aplikasi Android, aplikasi Linux juga dijalankan pada container di Chrome OS.   Kesederhanan Chrome OS juga menjadi kelemahan utama. Tidak seperti Windows dan Mac, Chrome OS tidak dapat menjalankan game AAA (kecuali yang tersedia di Steam melalui Linux Container). Selain itu aplikasi seperti Microsoft Office, Adobe Photoshop, dan aplikasi Adobe lainnya tidak tersedia di Chrome OS. Kamu hanya bisa menjalankan aplikasi yang ada di Play Store dan Linux (melalui container). Inilah alasan mengapa Chrome Book bukan untuk semua orang.  

Baca Juga :  Mengenal Perbedaan UEFI, Legacy dan BIOS Pada PC & Laptop

Apa perbedaan Chrome OS dan browser Chrome yang sering kita gunakan?

Perbedaan Chrome OS dan Google Chrome gaptogeek

Browser chrome biasa digunakan untuk berselancar di internet, membuka social media, menonton youtube dan lainnya yang berfungsi hampir sama di semua perangkat baik di Windows, Mac, Linux, maupun Android. Saingannya termasuk Mozilla Firefox, Microsoft Edge, Opera, Brave, dan lainnnya.   Disisi lain, Chrome OS adalah sytem operasi yang menjadi inti Chrome Book sama seperti Windows dan Mac yang menjadi inti sebuah laptop. Chrome OS menggunakan browser Chrome yang tertanam di sistem sebagai browser utama dan tidak bisa dihapus. OS ini dirancang dengan kesederhanaan, jadi tidak banyak fitur yang bisa kamu explore selain membuka browser, menjalankan aplikasi Androdi dan linux, dan menyimpan file di penyimpanan internal. Bahkan File Explorernya pun sangat sederhana dan berbeda jauh dari segi fitur jika dibandingkan dengan file explorer yang ada di Windows dan Mac.  

Siapa yang cocok menggunakan Chrome OS?

Untuk siapa Chrome OS gaptogeek

Seperti yang sudah disebutkan di atas, Chrome OS di desain dengan kesederhanaan, mesikpun ada perangkat Chrome Book yang menggunakan hardware kelas atas. Jika apa yang kamu butuhkan adalah membuka web, menjalankan aplikasi Android dan menginstal aplikasi yang kamu gunakan di smartphone, atau sesekali membuka aplikasi linux maka Chrome OS layak kamu pertimbangkan.   Tapi jika kamu menginginkan perangkat yang bisa menjalankan game kelas AAA seperti game Forza Horizon, Battlefield 5, dan game kelas atas lainnya maka sebaiknya kamu pilih OS Windows 10. Chrome OS memang bisa menjalankan Steam melalui Linux tapi banyak game steam yang hanya tersedia di Windows dan sangat banyak yang tidak tersedia di Linux.   Begitu juga jika kamu adalah seorang editor yang membutuhkan software canggih seperti Adobe Photoshop, Adobe Premiere, After Effect, dan Microsoft Office maka Chrome OS bukan pilihan. Kamu sebaiknya memilih Windows atau macOS.  

Baca Juga :  Download Video Bokeh Full HD NO Sensor Link Terbaru 2021

Kelebihan dan Kekurangan Chrome OS

Kelebihan:

  • Sederhana: Chrome OS sangat mudah digunakan bahkan untuk orang yang baru perama kali menggunakan komputer.
  • Murah: Karena sifatnya yang opern source, Chrome OS gratis digunakan. Selain itu OS ini tidak membutuhkan hardware yang tinggi karena kesederhanaanya sehingga tentu saja harganya jadi lebih murah.
  • Bisa Install Aplikasi Android: ini fitur yang paling saya suka dari Chrome OS karena seperti yang kita semua tahu ada banyak sekali aplikasi menarik yang tersedia di Play Store.
  • Aman: Chrome OS sejauh ini sangat aman dari virus karena systemnya yang sederhana.
  • Berbasis Cloud: Chrome OS didesain untuk bekerja secara penuh dengan internet. Kamu bisa membuka Google Docs, Google SpreadSheet dan banyak lagi langsung dari browser. Sehingga kamu tidak perlu install berbagai macam aplikasi. Sebagian besar keunnggulannya ada di Cloud.
  • Ringan: Chrome OS atau Chrome Book sangat ringan seperti Ultra Book. Cocok digunakan jika sering bepergian,
  • Daya Tahan Battery: Karena Chrome OS sederhana, tentu saja penggunaan daya battery jadi lebih efisien dan awet dibandingkan dengan OS kompleks seperti Windows dan Mac.

Kekurangan:

  • Dukungan Software: Sperti yang sudah disebutkan di atas, aplikasi Photoshop, Office dan banyak aplikasi lainnya tidak tersedia di Chrome OS. Kamu hanya bisa menggunakan aplikasi Android dan Linux (kamu perlu mengunduh file tambahan untuk yang cukup besar menggunakan fitur ini).
  • Tidak Untuk Gaming: kamu bisa memainkan game di Chrome Book, tapi hanya sebatas game Android dan game Linux.
  • Penyimpanan Kecil: Sebagian besar perangkat Chrome Book hanya dibekali dengan penyimpanan internal yang kecil. Tidak seperti perangkat Windows yang dibekali penyimpanan 500GB bahkan 2TB, Chrome Book sat ini lebih banyak tersedia dengan penyimpanan 64GB.
  • Mode Offline: Chrome OS berfungsi secara maksimal saat terhubung ke internet. Tapi jika tanpa internet perangkat ini terasa hampa. Aplikasi yang bisa bekerja hanya aplikasi Android.
Baca Juga :  Mengenal Fitur Vsync

Itulah beberapa hal penting yang perlu kamu ketahui sebelum membeli Chrome OS. Semua OS ada kekurangan dan kelebihannya masing masing dan tujuan pasar yang berbeda. Jadi pilihan tergantung kebutuhan masing masing pengguna. Dengan mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan Chrome OS kita jadi bisa menentukan pilihan dengan lebih tepat.

MasHilmi.com – Kumpulan Tips, Trik & Tutorial Seputar Teknologi. Jangan Lupa Subscribe Newsletter agar mendapatkan update artikel terbaru.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!