Cara Transfer Foto dan Video dari iCloud ke Google Foto

Cara Transfer Foto dan Video dari iCloud ke Google Foto-compressed

Jika Sobat merupakan tipikal orang yang suka menyimpan banyak foto dan video dalam layanan cloud, baik itu iCloud, Google Foto atau yang lainnya salah satu hal yang membuat malas adalah ketika kita ingin bepindah dari satu layanan cloud ke layanan lain. Mengunduh banyak file kemudian mengunggahnya kembali akan membutuhkan banyak waktu, belum lagi jika paket data yang Sobat miliki hanya terbatas.

Untuk mengatasinya Apple kini telah menghadirkan sebuah fitur gratis yang memungkinkan para pengguna iCloud beralih ke layanan Google Foto tanpa harus mengunduh dan mengunggah ulang. Fitur ini tak hanya untuk pengguna iPhone yang ingin bermigasi ke Android, namun juga sebagai penyimpan cadangan ketika Sobat menggunakan iPhone.

Namun sebelum dapat memulai untuk transfer dari iCloud ke Google Foto Sobat harus terlebih dahulu memenuhi persyaratan – persyaratan yang diberikan oleh Apple.

Dalam daftar persyaratan di halaman dukungan Apple, pertama Sobat harus memastikan bahwa Apple ID yang digunakan di iCloud telah mengaktifkan otentikasi dua faktor. Selanjutnya Sobat juga harus memastikan bahwa akun Google memiliki penyimpanan yang cukup untuk menampung transfer data – data tersebut.

Cara transfer Foto iCloud ke Google Foto

Bagian terbaik dari fitur transfer ini adalah Sobat tak perlu lagi repot – repot mengunduh semua foto dan video untuk kemudian di unggah ke Google Foto. Sebaliknya, Apple akan memproses transfer ini dengan cara menghubungkan Apple ID dengan akun Google.

Klik menu drop-down dan pilih Google Foto, lalu klik pada dua kotak centang yang ditampilkan, satu untuk foto, satu lagi untuk video. Klik Lanjutkan. Google Foto adalah satu-satunya pilihan yang tersedia saat ini, tetapi sepertinya fitur ini akan dikembangkan dengan menambahkan lebih banyak layanan.

Baca Juga :  Cara Menyalakan Laptop Tanpa Tombol Power

Apple lalu akan menunjukan kepada Sobat seberapa besar data yang akan ditransfer dan mengingatkan untuk kembali memeriksa ruang yang tersedia di akun Google. Sebab, jika Sobat tak memiliki cukup ruang, transfer akan tetap terjadi namun akan ada file yang gagal untuk disalin. Tentu hal itu malah akan sangat merepotkan karena Sobat harus melakukan crosscek file mana saja yang belum tersalin.

Apabila ruang pada akun Google nampak mencukupi, klik pada Lanjutkan lalu jendela pop-up akan meminta Sobat untuk masuk ke akun Google dan memberi Apple akses ke perpustakaan Foto Google. Ikuti petunjuknya. Setelah selesai, transfer akan dimulai.

Menurut Apple, proses tersebut akan memakan waktu tiga hingga tujuh hari. Saat Apple telah menyelesaikan transfer, Sobat akan menerima email yang memberi tahu bahwa pemrosesan file telah diselesaikan.

Meskipun fitur ini dinilai sangat lamban, namun sejauh ini, ini adalah cara transfer foto iCloud ke Google Foto termudah dan paling tepercaya yang pernah ada. Untuk Sobat yang mungkin mulai menggunakan Android, dan meninggalkan iPhone ini adalah fitur terbaik yang Apple sediakan.

Sebagai pengingat, Google akan menghapus penyimpanan gratis tanpa batas mulai 1 Juni 2021 mendatang, namun foto atau video yang telah Sobat transfer sebelum tanggal tersebut masih akan aman dari batasan.

Google Foto sendiri saat ini telah digunakan lebih dari 1 miliar orang sebagai penyimpanan foto – foto dengan kualitas tinggi. Lebih dari 4 triliun gambar tersimpan di Google Foto dimana 28 miliar diunggah setiap minggunya.

MasHilmi.com – Kumpulan Tips, Trik & Tutorial Seputar Teknologi. Jangan Lupa Subscribe Newsletter agar mendapatkan update artikel terbaru.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!