Cara Menghapus Cache di Perangkat Android – Fix HP Lemot & Ngelag

Mengapa Anda Harus Menghapus Cache di Android?
Ada berbagai masalah berbeda yang dapat diselesaikan dengan membersihkan cache dan cookie di Android. Namun, akan lebih baik untuk terlebih dahulu menjelaskan semua aspek cache yang berbeda secara umum. Ini termasuk, apa itu file cache, mengapa itu penting, apakah aman, dan informasi lebih lanjut.

Apa itu File Cache?
Sederhananya, file cache dibuat secara berkala saat Anda menggunakan perangkat Android Anda. Contoh akan termasuk menggunakan aplikasi, browsing melalui internet, menggunakan email Anda, dan sebagainya.

Mengapa File Cache Penting?
Anda mungkin juga bertanya pada diri sendiri, mengapa kita membutuhkan file cache di Android? Ini dengan mudah dapat dijelaskan dengan alasan mereka ada di tempat pertama. File-file ini akan menyimpan data spesifik yang berkaitan dengan situs web atau halaman yang pernah Anda kunjungi sebelumnya. Dengan cara ini, jika Anda kembali ke situs itu, itu akan berjalan lebih cepat dan efisien daripada kunjungan sebelumnya.

Apakah Aman untuk Menghapus Cache di Ponsel Android?
Kami pasti tidak akan merekomendasikan membersihkan cache Anda secara teratur. Jika Anda tidak memiliki alasan kuat untuk melakukannya, tidak perlu mengosongkan cache Anda. Meskipun, saat file di perangkat Anda rusak, hal itu dapat menyebabkan masalah pengoperasian. Membersihkan cache Anda adalah alternatif yang baik untuk memperbaiki masalah ini, jika Anda tidak memiliki pilihan lain.

Menghapus cache Anda tidak berbahaya. Sebaliknya, ini adalah cara untuk membersihkan memori internal dan eksternal di perangkat Anda. Meskipun, hal itu akan menghapus semua data tersimpan sebelumnya yang terkait dengan aplikasi tersebut. Jadi, lakukan ini dengan hati-hati Anda sendiri.

Apa Yang Terjadi Saat Anda Menghapus Cache di Android?
Ada beberapa hal yang akan terjadi pada informasi dan data Anda saat Anda menghapus cache di Android. Bergantung pada aplikasi mana yang dilakukan, hasil ini akan bervariasi. Pertama, semua data yang berkaitan dengan aplikasi akan dihapus. Informasi penting apa pun, seperti pengaturan pengguna, informasi login, dan lainnya juga akan dihapus dari perangkat Anda.

Baca Juga :  Cara Memindahkan File dari HP ke Laptop Tanpa USB Kabel Data

Jadi, setelah cache Anda dibersihkan, Anda dapat mengharapkan hal berikut ini terjadi:

Pengaturan khusus pada situs web perangkat Anda akan dihapus. Misalnya, jika Anda telah masuk ke situs, Anda harus masuk lagi.
Beberapa situs web akan tampak berjalan lebih lambat dari biasanya. Ini karena konten yang telah disimpan ke cache perlu dimuat lagi.
Namun, semua akun Google Anda akan tetap utuh, selama mereka masuk ke Google Chrome.


Cara Menghapus Cache di Ponsel Android Secara Efektif
Sekarang setelah kita membahas inti dari apa yang harus Anda ketahui tentang cache, kita bisa langsung ke inti artikel. Mari kita jelaskan cara menghapus cache di perangkat Android semudah mungkin. Tidak perlu khawatir, tidak ada panduan yang terlalu rumit untuk melakukannya. Yang Anda butuhkan hanyalah perangkat seluler Android di tangan dan beberapa menit dari waktu Anda.

  1. Untuk memulai, Anda perlu me-restart telepon Anda dalam mode pemulihan. Untuk melakukan ini, cukup tekan dan tahan tombol daya dan volume turun secara bersamaan. Dari titik ini, perangkat Anda harus memulai ulang sendiri.
  2. Masukkan kata sandi Anda. Kemudian, perangkat seluler Android Anda seharusnya terbuka dalam mode pemulihan.
  3. Tergantung pada perangkat Anda, Anda mungkin dapat atau tidak dapat menyentuh layar Anda. Jika Anda menemukan diri Anda tidak dapat berinteraksi dengan layar Android Anda, cukup gunakan tombol volume atas dan bawah untuk menggulir.
  4. Terakhir, yang perlu Anda lakukan sekarang adalah menemukan opsi Wipe Cache di perangkat Anda. Ini akan berbeda dalam nama dan lokasi, tergantung pada model perangkat Anda. Namun, sebagian besar Android akan memiliki nama dan lokasi umum yang sama.
  5. Setelah mengosongkan cache, Anda dapat mem-boot ulang perangkat Anda. Matikan saja seperti biasa. Lalu, lanjutkan dan nyalakan bac. Perangkat Anda harus dibuka kembali di luar mode pemulihan.
  6. Dan itulah cara menghapus cache pada menu perangkat Android. Semua aplikasi dan alat Anda harus dibersihkan dan siap untuk memulai dari awal. Buka salah satu aplikasi Anda untuk melihat perbedaan dari saat digunakan sebelumnya.
Baca Juga :  Cara Mengembalikan Data HP Android yang Terhapus

Cara Menghapus Cache di Browser Android
Selanjutnya kita akan membahas bagaimana Anda dapat melakukan hal yang sama dari Google Chrome. Jadi, inilah cara menghapus cache pada aplikasi browser Android. Pada dasarnya, begini caranya …

  1. Tentu saja, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuka Google Chrome.
  2. Selanjutnya, Anda perlu mengetuk tab setelan. Ini terlihat seperti 3 titik vertikal di kanan atas layar Android Anda.
  3. Selanjutnya, buka Riwayat perangkat Anda, lalu ke Hapus data penjelajahan.
  4. Di bagian atas tampilan ini, Anda akan melihat rentang waktu untuk menghapus riwayat. Pilih Sepanjang waktu untuk menghapus semua riwayat perangkat Anda sejak pertama kali Anda menggunakan Google Chrome.
  5. Don’t clear your history just yet. There’s one more task you need to complete first. Find “Cookies and site data” and “Cached images and files”. Both of these options should be checked/ticked.
  6. Now, you can go ahead and Clear data.

Membuka kembali tab apa pun di Google Chrome akan menghapus semuanya. Itu saja yang perlu Anda ketahui tentang cara menghapus cache di perangkat Android. Seluruh proses pembersihan cache adalah prosedur sederhana, bahkan seorang balita pun bisa mengetahuinya pada akhirnya.

MasHilmi.com – Kumpulan Tips, Trik & Tutorial Seputar Teknologi. Jangan Lupa Subscribe Newsletter agar mendapatkan update artikel terbaru.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!