Cara Memperbaiki Masalah Layar Hitam / Blank pada Windows 10

windows-10-black-screen

Pada Windows 10, salah satu masalah paling menjengkelkan yang dapat Anda temui adalah layar hitam, karena Anda tidak akan melihat kode kesalahan atau pesan tercetak di layar untuk mendapatkan petunjuk di mana harus memulai pemecahan masalah.

Layar hitam bisa terjadi karena berbagai alasan. Ini mungkin terkait dengan masalah dengan pembaruan driver grafis terbaru, atau dapat terjadi selama penginstalan pembaruan fitur yang mencakup masalah kompatibilitas. Itu juga bisa terjadi karena pembaruan sistem buggy. Atau bisa jadi masalah terkait perangkat keras dengan layar, koneksi, atau adaptor video.

Apa pun alasannya, ada beberapa cara untuk menentukan penyebab dan menyelesaikan masalah ini di Windows 10, apakah Anda memiliki akses ke desktop atau tidak.

Dalam panduan Windows 10 ini, kami akan memandu Anda melalui instruksi untuk memecahkan masalah dan memperbaiki masalah layar hitam.

Cara memperbaiki masalah koneksi pemeriksaan layar hitam pada Windows 10

Saat Anda menemukan layar hitam, banyak hal yang bisa menjadi alasannya, termasuk masalah dengan perangkat keras, perangkat lunak, atau kombinasi keduanya. Dalam petunjuk berikut, Anda akan menemukan langkah pemecahan masalah untuk menyelesaikan masalah ini di Windows 10.

1. Periksa masalah koneksi
Jika layar hitam muncul sebelum Anda dapat masuk ke akun, kemungkinan ada masalah koneksi antara tampilan dan komputer.

Dalam situasi ini, periksa kembali sambungan fisik dan pastikan kedua ujung kabel sinyal video tersambung dengan benar, dan menggunakan port keluaran yang benar. Lepaskan kabel sinyal video dari keduanya, sambungkan kembali, dan gerakkan mouse untuk melihat apakah layar sudah menyala.

Selain itu, pastikan monitor menerima daya, dan tombol daya dihidupkan. (Anda mungkin perlu memeriksa situs web dukungan pabrikan Anda untuk detail yang lebih spesifik.)

Baca Juga :  Cara Membuat e-KTP Online 2021, Tutorial Lengkap dan Mudah !

Jika Anda memiliki beberapa output video, coba alihkan koneksi ke port yang berbeda dan gerakkan mouse atau tekan tombol apa saja pada keyboard untuk membangunkan tampilan. Terkadang, pembaruan driver dapat menyertakan perubahan, yang dapat mengirim sinyal video ke port yang salah (DisplayPort, HDMI, DVI, Thunderbolt, VGA).

Jika sistem memiliki kartu grafis terpisah dan terintegrasi, Anda dapat mengalihkan koneksi ke prosesor video tertanam untuk memastikan apakah masalahnya ada pada kartu diskret tersebut. Selain itu, berkali-kali, setelah pembaruan sistem atau BIOS (sistem input / output dasar), kartu video diskrit mungkin dinonaktifkan, dan Anda harus mengaktifkannya kembali di pengaturan motherboard.

Saat menggunakan monitor eksternal, Anda dapat membuka pengaturan monitor onboard dan meningkatkan kecerahan karena mungkin menjadi alasan layar hitam. Saat berada di menu pengaturan, sebaiknya periksa juga apakah monitor menggunakan input yang benar. (Jika Anda tidak tahu cara mengakses pengaturan monitor Anda, periksa situs web dukungan pabrikan Anda untuk detail spesifik.)

Jika Anda memiliki laptop, gunakan pintasan keyboard untuk meningkatkan kecerahan layar. Biasanya, Anda harus mengklik tombol Fungsi (Fn) dan salah satu tombol Fungsi (seperti F8 atau F10).

Anda juga dapat mencoba menyambungkan monitor ke komputer lain atau menggunakan kabel sinyal video yang berbeda (DisplayPort, HDMI, DVI, VGA, atau Thunderbolt) untuk menentukan apakah Anda berurusan dengan layar rusak atau kartu video, atau kabel rusak.

2. Deteksi tampilan
Terkadang, Anda mungkin melihat layar hitam karena Windows 10 kehilangan koneksinya dengan layar. Anda dapat menggunakan tombol Windows + Ctrl + Shift + B pintasan keyboard untuk memulai ulang driver video dan menyegarkan tautan ke monitor.

Di tablet (seperti Surface Pro), Anda dapat mengaktifkan layar dengan menekan tombol volume naik dan volume turun secara bersamaan tiga kali dengan cepat.

Baca Juga :  Cara Mengubah Emoji Xiaomi Menjadi Emoji iPhone Tanpa Aplikasi

Saat Anda melakukan tindakan ini, Anda akan mendengar bunyi bip dan aktivitas di layar yang menunjukkan bahwa Windows 10 dapat merespons perintah, dan membangun kembali koneksi dengan tampilan.

Atau, dengan asumsi bahwa Windows 10 responsif, Anda dapat menggunakan pintasan keyboard tombol Windows + P untuk membuka menu “Proyek”. Kemudian tekan tombol P lagi, dan tekan tombol Enter untuk beralih di antara mode tampilan yang berbeda untuk melihat apakah layar hitam menghilang. (Anda harus mengulangi langkah-langkah tersebut empat kali untuk memungkinkan perputaran melalui semua mode yang memungkinkan.)

Jika Anda tidak melihat apa pun di layar, tekan dan tahan tombol daya selama sekitar 10 detik untuk mematikan perangkat. Kemudian tekan kembali tombol power untuk memulai kembali.

3. Putuskan sambungan perangkat yang tidak penting
Periferal yang terhubung ke komputer mungkin menjadi penyebab layar hitam atau layar hitam dengan titik-titik yang berputar selama pengaktifan untuk waktu yang lama. (Biasanya, titik berputar selama pengaktifan menunjukkan bahwa pembaruan sedang diinstal, dan Anda perlu menunggu beberapa saat, tetapi jika memakan waktu lama, ini bisa menjadi masalah kompatibilitas dengan perangkat keras.)

Jika Anda mengalami hal serupa, lepaskan semua periferal, termasuk printer, kamera, drive yang dapat dilepas, Bluetooth, stasiun dok, dan perangkat USB lainnya dari komputer Anda.

Nyalakan ulang perangkat sekali lagi, dan jika semuanya berfungsi normal, maka masalahnya adalah salah satu periferal. Anda dapat menentukan perangkat mana yang menyebabkan masalah dengan menyambungkan kembali satu per satu hingga Anda menemukan perangkat yang menyebabkan konflik.

Setelah Anda mengetahui periferal yang menyebabkan masalah, putuskan sambungannya, mulai ulang komputer, cari secara online untuk menemukan solusi, atau hubungi pabrikan perangkat Anda untuk bantuan tambahan.

Baca Juga :  Cara Cek HP Oppo Asli atau Palsu
MasHilmi.com – Kumpulan Tips, Trik & Tutorial Seputar Teknologi. Jangan Lupa Subscribe Newsletter agar mendapatkan update artikel terbaru.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!