Cara Memperbaiki Laptop Windows 10 yang dicharger Tidak Mengisi Daya

fix laptop not charging

Dukungan untuk Windows 7 telah resmi berakhir, yang berarti saatnya untuk meningkatkan ke Windows 10 agar PC lama tersebut tetap berjalan dengan lancar dan aman. Anda dapat memeriksa masalah sebelum menginstal pembaruan Windows 10, tetapi meskipun demikian Anda mungkin masih mengalami cegukan. Misalnya, setelah menginstal pembaruan Windows sebelumnya, baterai laptop saya berhenti mengisi daya. Laptop saya menunjukkan bahwa itu dicolokkan, tetapi pada saat yang sama ia akan memberi tahu saya bahwa itu juga tidak mengisi daya. Argh!

Untungnya, saya menemukan bahwa masalah ini tidak biasa dan kadang-kadang akan muncul setelah pembaruan Windows. Dan lebih untungnya, ada perbaikan yang mudah. Saya belum dapat mereplikasinya sejak itu terjadi dua tahun lalu, tetapi Device Manager di Windows 10 tidak berubah sejak itu, jadi perbaikan saya patut dicoba jika Anda mengalami masalah ini. Inilah cara saya mengembalikan baterai laptop saya ke pengisian saat dicolokkan.

Sudah Dicolokkan, tetapi tidak mengisi daya ?

Jika laptop Anda menolak untuk mengisi daya baterai meskipun ia mengakui telah dicolokkan, inilah yang perlu Anda lakukan:

  • Buka Device Manager dengan mencarinya atau klik kanan tombol Start dan pilih Device Manager.
  • Klik Baterai pada daftar untuk memperluasnya dan Anda akan melihat dua item: Adaptor AC Microsoft dan Baterai Metode Kontrol yang Sesuai dengan Microsoft ACPI.
  • Klik kanan pada setiap item dan pilih Uninstall device. Ya, Anda mencopot pemasangan driver baterai laptop Anda, tetapi jangan khawatir karena driver tersebut akan otomatis dipasang ulang saat Anda memulai ulang laptop Anda.
  • Matikan laptop Anda.
  • Cabut kabel daya dari laptop Anda.
  • Jika laptop Anda memiliki baterai yang dapat dilepas, lepaskan. Laptop Lenovo saya tidak memiliki baterai yang dapat dilepas. Saya mencoba melewatkan langkah ini tetapi tidak berhasil, jadi saya melepas panel bawah laptop saya dan kemudian melepas baterai dengan melepaskannya dari motherboard.
  • Masukkan kembali baterai jika Anda melepasnya.
  • Colokkan laptop Anda.
  • Nyalakan laptop Anda.
  • Klik ikon baterai di baki sistem dan Anda akan melihat bahwa laptop Anda terpasang dan mengisi daya.
Baca Juga :  Tutorial Cara Screenshot di Laptop Asus

Dengan menginstal ulang driver baterai laptop Lenovo saya dan melepaskan baterainya dan kemudian menghubungkannya kembali, saya mendapatkan baterai laptop saya kembali ke pengisian saat dicolokkan.

Dengan perbedaan dalam produsen, jarak tempuh Anda mungkin berbeda. Jika Anda mengalami masalah plug-in-not-charging ini dan menemukan perbaikan yang berbeda dari saya, jelaskan metode Anda di komentar di bawah.

MasHilmi.com – Kumpulan Tips, Trik & Tutorial Seputar Teknologi. Jangan Lupa Subscribe Newsletter agar mendapatkan update artikel terbaru.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!